Press "Enter" to skip to content

Foto-foto menarik dari Steadicam sedikit dikenal dalam sejarah perfilman

Ketika para pembuat film, mahasiswa film, dan penggemar film membicarakan tentang pemotretan perusahaan yang terkenal dan mudah diingat, ada daftar pemotretan terbatas yang selalu muncul, seperti pemotretan Copacabana dalam “Goodfellas”, urutan pengejaran “Carlito”. Cara “atau judul penembakan pertarungan” Raging Bull “. Tapi sekarang, steadicam telah digunakan dalam film selama lebih dari 30 tahun dan sutradara telah meningkatkan penggabungan mereka sebagai alat naratif dengan cara yang lebih halus dan artistik. Di sini kita melihat 10 foto yang kurang berkomentar tentang bidikan kamera tetap yang, bagaimanapun, sangat menarik, baik karena pilihan artistik yang mendukungnya, karena strukturnya yang dinamis atau karena mereka membuat perbedaan ketika menceritakan kisahnya. .

Pintu (1991)

Ini adalah foto yang menarik, karena steadicam di sini digunakan dengan cara yang lebih artistik daripada biasanya. Di sini kita mengikuti Jim Morrison di pesta yang diluncurkan oleh Andy Warhol. Ada orang-orang dari segala jenis, musik lambat, narkoba, lampu warna-warni, proyeksi film di dinding. Pikirkan suntikan khas Fellini tetapi dengan protagonis obat-obatan. Kamera juga, melalui sudut pandang Belanda dan frame rate yang bervariasi, tampaknya menjadi gambar POV dari seseorang yang mengalami disorientasi setelah menggunakan narkoba dan membantu penonton merasakan emosi adegan dengan sangat efektif.

Lost highway (1997)

Pengenalan “Lost Highway” oleh David Lynch memiliki salah satu bidikan steadicam paling menarik dalam sejarah film mengenai penggunaan steadicam sebagai pilihan artistik. Pada dasarnya itu hanya gambar POV mobil di jalan raya di malam hari. Tidak ingin memiliki kamera langsung atau boneka, yang akan terlalu membosankan, dan tidak ingin dipegang dengan tangan, yang akan terlalu tidak stabil, direktur memilih untuk menggunakan steadicam yang memberinya putaran berbeda. Dari kiri ke kanan yang memiliki perasaan aneh, antisipasi yang bagus akan sejarah hampir surealis yang akan datang.

Donnie Darko (2001)

Bidikan Hallway di Donnie Darko adalah contoh yang bagus tentang bagaimana steadicam dapat membuat adegan sederhana yang menarik dan mengesankan secara visual. Apakah Anda ingat tembakan Copacabana di Goodfellas? Itu seharusnya menjadi “anak laki-laki dan perempuan memasuki bar” tetapi, berkat penggunaan steadicam, itu akhirnya menjadi salah satu foto yang paling berkesan dalam sejarah perfilman. Yah, mungkin saja bidikan ini tidak berada di liga yang sama, tetapi sangat efektif dalam cara bidikan sederhana “anak masuk ke ruang sekolah” dalam bidikan yang brilian secara visual dan secara halus memperkenalkan ke beberapa karakter yang berhenti berlangganan. Tindakan yang mengungkapkan hal-hal tentang mereka dalam hitungan detik. Perlu juga diingat bahwa ini adalah bidikan yang sulit secara teknis untuk dilakukan karena perubahan dalam frame rate yang mempercepat dan memperlambat aksinya saat karakter diperkenalkan. Perubahan kecepatan, bersama dengan tuas cepat, membuat bidikan ini tidak hanya efektif secara artistik tetapi juga mengesankan secara teknis.

A beautiful mind (2001)

Foto ini, dibuat oleh operator Kyle Rudolph, menunjukkan bagaimana steadicam bisa efektif ketika digunakan dalam gambar dinamis yang memvariasikan ritme dan komposisi. Di sini kita berusaha meningkatkan perasaan paranoia yang dirasakan protagonis. Dia memiliki pikiran kompulsif / paranoid dan di sini dia mengalami keruntuhan di tempat umum. Kita mulai dengan bidikan POV intens dari karakter yang berteriak pada kamera, lalu, dengan pemukul cepat, kita melihat karakter yang menjadi gila. Kemudian, dua tembakan, satu lagi, dan kembali ke karakter pertama. Orang lain datang untuk menyelamatkan si protagonis, berusaha untuk bernalar, tetapi tidak mendengarkan dan, dengan tembakan lambat yang indah, dengan kamera di depannya, si protagonis meninggalkan adegan berjalan perlahan dan mengungkapkan semua orang yang hadir dalam adegan yang dia saksikan. krisis.